Inti sekolah kejuruan tidak cukup pada tuntasnya pencapaian kegiatan pembelajaran saja, justru hal yang terpenting terletak pada keterampilan peserta didik di dunia industri. Itulah yang dilakukan oleh SMK Muhammadiyah 1 (Muhi) Genteng.
Kemajuan perkembangan di dunia industri harus direspon sedini dan ditindaklanjuti secepat mungkin. Salah satu caranya dengan mengundang kerja sama industri serta membangun model pembelajaran berbasis produk.
Nah, bentuk konkrit kerja sama dan pembelajaran berbasis produk itu terdapat pada Unit Pelayanan Jasa (UPJ) SMK Muhammadiyah 1 Genteng yang diselenggarakan oleh SMK Muhi Genteng. Terdapat enam UPJ yang dimiliki oleh sekolah, hal itu selaras dengan jumlah Kompetensi Keahlian yang ada di SMK Muhi Genteng.
1. Muhi Printing merupakan UPJ Multimedia. UPJ ini bergerak di bidang percetakan banner.
2. UPJ TEKAJE merupakan UPJ Teknik Komputer dan Jaringan. UPJ ini bergerak pada bidang pelayanan service computer.
3. edOTEL Muhi merupakan UPJ Perhotelan. UPJ ini bergerak pada bidang akomodasi dan perhotelan.
4. Agen BSI merupakan UPJ Akuntansi dan Keuangan Lembaga. UPJ ini bergerak pada bidang keuangan yakni bekerja sama dengan Bank Syariah Indonesia (BSI).
5. Surya Mart SMK Muhammadiyah 1 Genteng merupakan UPJ Bisnis Daring dan Pemasaran. UPJ ini bergerak pada bidang perniagaan dalam hal berupa mini market.
6. Agen Pegadaian merupakan UPJ Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran. UPJ ini bergerak sebagai agen pegadaian.