-DcTampil di Grahadi, Hadiah GMP-DC untuk HARJABA ke-250

Bersamaan dengan HARJABA Banyuwangi ke-250, Gita Melati Persada (GMP) ekstrakurikuler Drum Band SMK Muhammadiyah 1 Genteng turut serta dalam mengharumkan nama Banyuwangi di kancah Provinsi Jawa Timur. GMP ditunjuk sebagai penampil dalam event Parade Surya Senja di Gedung Negara Grahadi Surabaya pada Jumat 17 Desember 2021.

Pada gelaran tersebut, GMP melakonkan Seblang Olehsari. Seblang Olehsari merupakan tarian kearifan lokal Banyuwangi. Tradisi ini memiliki sajarah yang sangat panjang, berusia ratusan tahun, bahkan lebih panjang dari tari Gandrung yang merupakan buah keturunan langsung dari Seblang ini. Cerita Seblang Olehsari bermula dari seorang ibu yang bernazar atas kesembuhan anaknya. Sang anak kemudian menjadi penari Seblang pada usia kanak-kanak, kemudian menjadi Gandrung pada usia dewasanya.

GMP menampilkan lakon tersebut agar tradisi Banyuwangi makin dikenal oleh publik luas. Harapannya hal tersebut dapat mengangkat potensi budaya di Banyuwangi sehingga akan menarik perhatian wisatawan untuk berkunjung ke Banyuwangi. Nantinya Banyuwangi tidak hanya dikenal sebagai “Sunrise of Java” saja, namun juga dikenal sebagai kota yang kaya akan seni, budaya, tradisi serta generasi mudanya yang kreatif.

Maka penampilan di Gedung Grahadi ini sengaja didedikasikan serta hadiah untuk HARJABA ke-250 dari anak-anak muda GMP SMK Muhammadiyah 1 Genteng. Selamat Hari Jadi Kota Banyuwangi, selalu kreatif, menjadi kota yang indah, nyaman dan selalu berjaya [TIM IT SMK Muhi].