Sinkronisasi Kurikulum dengan Aston Hotel Banyuwang


Program Keahlian Perhotelan SMK Muhammadiyah 1 Genteng melakukan sinkronisasi kurikulum dengan Aston Hotel Banyuwangi pada Sabtu 11 Desember 2021. Sinkronisasi tersebut terkait dengan upaya sekolah mengikuti arus perkembangan yang ada di Dunia Usaha, Dunia Industri, Dunia Kerja (DUDIKA).
Taslim, S.Ag., M.Pd selaku Kepala SMK Muhammadiyah 1 Genteng menyebut sinkronisasi ini merupakan bentuk sekolah dalam merespon arus perkembangan pada DUDIKA. “Kita harus merespon perkembangan ini secara dinamis” ucapnya. Kendati Perhotelan merupakan kompetensi keahlian paling muda di SMK Muhammadiyah 1 Genteng, lanjutnya, tapi kompetensi keahlian ini terbilang perkembangannya dinamis. Selain peminatnya banyak, Perhotelan juga telah memiliki edOTEL sebagai tempat untuk praktik siswa dengan nyata.
Pada sinkronisasi tersebut SMK Muhammadiyah 1 Genteng kedatangan dua tamu dari Aston Hotel Banyuwangi, yaitu M. Syarifudin Farid selaku Human Resource Manager (HRM) serta Ricky Rusfendi selaku Front Office Manager (FOM). Kedua pemateri tersebut memberikan arahan terkait perkembangan di dunia industri perhotelan, kemudian menyesuaikan perkembangan tersebut dengan kurikulum sekolah.
Adapun materi yang mendapat sorotan meliputi materi Front Office, House Keeping serta Food & Beverage. Selain memberi arahan, M. Syarifudin Farid juga mendorong agar kurikulum Perhotelan menitikberatkan pada praktik ketimbang materi.
Harapannya dari Sinkronisasi Kurikulum ini kompetensi Keahlian Perhotelan SMK Muhammadiyah 1 Genteng up to date dengan perkembangan yang ada pada Diduka. Dengan demikian, sekolah dapat mencetak siswa yang profesional dan terampil dalam bidang industri perhotelan [TIM IT SMK Muhi].