Untuk mengisi hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-77, Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) SMK Muhammadiyah 1 Genteng menggelar kegiatan agustusan. Kegiatan tersebut diisi denga lomba-lomba. Tidak hanya antarsiswa saja, juga ada lomba khusus untuk guru-guru.

Kegiatan Lomba antarsiswa ini meliputi perlombaan tarik tambang, balap karung, dan lomba-lomba lainnya. Selain perlombaan, kegiatan juga diisi dengan senam kreatif bersama yang dilakukan di halaman SMK Muhammadiyah 1 Genteng. 

Peserta lomba tampak antusias mengikuti perlombaan tersebut. Hal ini terbukti dari keceriaan wajah-wajah seluruh peserta lomba yang terlihat saat mengikuti perlombaan. Terlebih dengan kekompakkan antarkelas untuk meraih kemenangan perlombaan tersebut.

Kegiatan perlombaan tersebut ditutup dengan final sebelum pemberian hadiah kepada setiap pemenang. Kendati cuaca gerimis, peserta tetap tampak antusias dalam merebut juara. Hal tersebut merupakan energi kreatif siswa-siswa SMK Muhammadiyah 1 Genteng. Yah, seperti jargon sekolah, Islami, Kreatif, inovatif, Nah, Iki baru Muhi [ICT Muhi].