Awal bulan ini terdapat dua agenda besar di SMK Muhammadiyah 1 Genteng, yaitu Penilaian Tengah Semester (PTS) Genap untuk siswa kelas X dan XI, kemudian PRA Ujian Kompetensi Keahlian (PRA-UKK) untuk kelas XII. Untuk kegiatan terakhir merupakan terobosan untuk mempersiapkan siswa-siswi kelas XII menghadapi UKK.

Rencana UKK akan diselenggarakan pada pertengahan bulan nanti. Penguji UKK sendiri biasanya dengan mengundang DUDIKA terkait yang sesuai dengan kompetensi keahlian di SMK Muhammadiyah 1 Genteng. Oleh karena itu, persiapan menghadapi UKK penting dilakukan, salah satunya kegiatan PRA-UKK yang bertujuan untuk mempersiapkan siswa kelas XII dalam menghadapi penguji agar mendapatkan perolehan predikat kompeten dari penguji terkait.

Latifah ambarwati, S.Pd, selaku Waka Kurikulum SMK Muhammadiyah 1 Genteng menjelaskan bahwa sebenarnya merupakan simulasi UKK. Kegiatannya nanti menjelaskan bagaimana teknis dan pelaksanaan UKK. “Jadi anak-anak latihan UKK itu seperti apa” ucapnya [TIM IT SMK Muhi Genteng].