SMK Muhammadiyah 1 Genteng menjadi sasaran dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dan Kerjasama yang dilakukan oleh Jurusan Kurikulum dan teknologi Pendidikan FIP UNESA. Kegiatan tersebut berlangsung pada 16 Juli 2022. Kegiatan tersebut juga dilanjutkan dengan penekanan kerjasama yang ditandai dengan penandatanganan MoU.

Pengabdian Kepada Masyarakat ini sendiri difokuskan dalam rangka melakukan Implementasi Kurikulum Merdeka. Setidaknya tidak kurang dari 15 dosen yang langsung datang di kampus SMK Muhammadiyah 1 Genteng. Taslim, S.Ag., M.Pd selaku Kepala SMK Muhammadiyah 1 Genteng sangat mengapresiasi kegiatan tersebut.

Tidak hanya seluruh Guru SMK Muhammadiyah 1 Genteng yang mengikuti kegiatan ini. Diikuti pula oleh Guru dari SMK Muhammadiyah 2 Genteng. Nawachid, M.Pd selaku Majelis Dikdasmen PDM Banyuwangi juga sangat bersyukur dengan kegiatan ini. Ada ilmu yang datang, ya harus kita ambil, ucapnya saat memberi sambutan.

Pada kegiatan ini guru SMK Muhammadiyah 1 Genteng dibagi menjadi 5 kelompok. Kelompok 1 berupa pendampingan penulisan artikel ilmiah bagi guru SMA/SMK di Kab. Banyuwangi, Kelompok 2 berupa analisis silabus untuk mengembangkan media pembelajaran bagi guru SMA/SMK se-Kabupaten Banyuwangi, Kelompok 3 berupa evaluasi pembelajaran bagi guru SMA/SMK se-Kabupaten Banyuwangi, Kelompok 4 berupa Pelatihan menyusun modul berbasis merdeka belajar bagi guru SMA/SMK se-Kabupaten Banyuwangi serta Kelompok 5 pelatihan pengembangan multimedia interaktif bagi guru SMA/SMK se-Kabupaten Banyuwangi [TIM IT SMK Muhi]