Sabtu, 27 November 2021 SMK Muhammadiyah 1 Genteng menggelar peresmian Surya Mart & UPJ SMK Muhammadiyah 1 Genteng. Kegiatan ini diresmikan langsung oleh Dr. H. Anwar Abbas, M.M., M.Ag Ketua PP Muhammadiyah. Selain itu, juga turut dihadiri oleh Dr. H. Muklis Lahuddin, M.Si selaku Ketua PDM Banyuwangi, Drs. Nawachid, M.Pd selaku Majelis Dikdasmen, Drs. Ainur Rafiq, M.Pd.I selaku ketua PCM Genteng, serta Drs. Istu Handono, M.Pd selaku Kepala Cabang Dinas Pendidikan Banyuwangi.

Surya Mart yang diresmikan ini merupakan UPJ dari Kompetensi Keahlihan Bisnis Daring dan Pemasaran. Selain Surya Mart, dalam seremonial ini juga diresmikan langsung Mitra Bank Syariah Indonesia (BSI) oleh kompetensi keahlihan Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL), kemudian Agen Pegadaian yang merupakan UPJ dari Kompetensi Keahlihan Otomatisasti Tata Kelola Perkantoran (OTKP) serta UPJ Tekaje yang melayani di bidang jasa komputer dan jaringan oleh Kompetensi Keahlihan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ).

Pada arahannya, Dr. H. Anwar Abbas, M.M., M.Ag yang juga pengurus MUI Pusat itu mengutip pepatah man jadda wa jadda, barang siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan mendapatkannya. Beliau mencontohkan Muhammadiyah maju pada bidang pendidikan dan kesehatan karena memang serius dan bersungguh-sungguh dalam mengelolah bidang kesehatan dan pendidikan. Tetapi hal yang sama belum dilakukan di bidang ekonomi, karena memang belum bersungguh-sungguh dalam mengelolahnya. Oleh karena itu, beliau memberi instruksi agar bersungguh-sungguh dalam mengelolah ekonomi, dalam hal ini mengembangkan Surya Mart yang dilakukan oleh SMK Muhammadiyah 1 Genteng.

Adapun setelah peresmian ini, setiap kompetensi keahlian SMK Muhammadiyah 1 Genteng resmi memiliki UPJ masing-masing. Harapannya, dengan UPJ tersebut mampu mencetak siswa yang terampil dalam bidang masing-masing, hal tersebut sebagaimana yang diinginkan oleh Taslim, S.Ag., M.Pd selaku Kepala SMK Muhammadiyah 1 Genteng dalam sambutannya pada peresmian Surya Mart dan UPJ SMK Muhammadiyah 1 Genteng [TIM IT SMK Muhammadiyah 1 Genteng)