Langkah awal setelah mendapat predikat SMK Pusat Keunggulan, SMK Muhammadiyah 1 Genteng segera menggelar In House Training (IHT) Implementasi Kurikulum Merdeka yang diikuti oleh seluruh guru dan karyawan SMK Muhammadiyah 1 Genteng. Rencananya, kegiatan IHT akan digelar selama 10 hari.
Pada pembukaan IHT kemarin dihadiri oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur wilayah Banyuwangi, Drs. Istu Handono, M.Pd. Dalam sambutannya, Pak Istu, sapaan akrab beliau, mengucapkan selamat pada SMK Muhammadiyah 1 Genteng karena telah berhasil memperoleh predikat SMK Pusat Keunggulan. Beliau juga memberi motivasi pada seluruh guru dan karyawan SMK Muhammadiyah 1 Genteng.
Selain Pak Istu, kegiatan tersebut juga turut dihadiri oleh H. Nawachid M.Pd selaku Majelis Dikdasmen PDM Banyuwangi serta Drs. Ahmad Soedarto, MM selaku pengawas SMK se-Banyuwangi serta Taslim, S.Ag., M.Pd selaku kepala SMK Muhammadiyah 1 Genteng.
Setelah pembukaan, kegiatan tersebut dilanjutkan dengan materi pertama yang diisi langsung oleh Drs. Ahmad Soedarto, MM dengan tema kebijakan sekolah penggerak atau pusat keunggulan. Dalam penjelasannya, beliau memaparkan secara mendalam tentang kebijakan, dlandasan hukum serta orientasi kurikulum merdeka (ICT SMK Muhi).