Jumat, 19 Maret 2022 SMK Muhammadiyah 1 Genteng menggelar pembinaan guru dan karyawan dalam rangka mempersiapkan akreditasi 2022. Pembinaan tersebut dihadiri langsung oleh Miftachul Ulum, S.T., M.T selaku anggota Disdasmen PWM Jawa Timur.
Kegiatan dibuka dengan penyampaian informasi dan pengarahan dari Taslim, S.Ag., M.Pd selaku Kepala SMK Muhammadiyah 1 Genteng. Dalam penyampaiannya, beliau memaparkan rangkaian kegiatan sekolah yang cukup padat, di antaranya: Ujian Kompetensi Keahlian (UKK), Ujian Praktek Ibadah, Baitul Arqam, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan USP untuk kelas XII.
Sementara itu, Pak Ulum, sapaan akrab beliau, lebih memaparkan akreditasi secara teknis. Menurutnya, akreditasi bukan tanggung jawab kepala sekolah maupun pimpinan saja, tetapi merupakan tanggung jawab bersama seluruh guru dan karyawan yang ada di SMK Muhammadiyah 1 Genteng. “Bukan tanggung jawab Kepala Sekolah dan Waka saja, tapi tanggung jawab seluruh guru dan karyawan” ucapnya.
Dosen Universitas Trunojoyo itu juga mengingatkan agar bekerja keras untuk menghadapi akreditasi. Banyak sekolah yang akreditasinya turun jika tidak dipersiapkan dengan sungguh-sungguh. Apalagi, tambahnya, akreditasi sekarang berbeda dengan sebelum-sebelumnya. Jika sebelumnya akreditasi berbasis pada dokumen, namun sekarang ukuran penilaiannya secara substantif.
Semoga SMK Muhammadiyah 1 Genteng berhasil mempertahankan capaian “terkreditasi A”. Amin [SMK Muhammadiyah 1 Genteng]