Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMK Muhammadiyah 1 Genteng sudah mulai berjalan. Kegiatan tersebut dilakukan selama empat hari. Hari pertama merupakan kegiatan Pra-MPLS berupa interview peserta didik baru tahun pelajaran 2022/2023 yang dilaksanakan pada 15 Juli 2022, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan int MPLS yaitu pada 18-20 Juli 2022.

Kegiatan MPLS sendiri merupakan rangkaian kegiatan orientasi untuk mengenalkan peserta didik baru dengan sekolah. Adapun kegiatannya meliputi pengenalan kompetensi keahlian, pengenalan program sekolah, pengenalan lingkungan sekolah serta pengenalan guru pengajar di SMK Muhammadiyah 1 Genteng.

Kegiatan MPLS dibuka pada Senin, 18 April 2022 dengan kegiatan apel pagi. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh guru SMK Muhammadiyah 1 Genteng serta seluruh peserta didik baru SMK Muhammadiyah 1 Genteng. Taslim, S.Ag., M.Pd selaku Kepala SMK Muhammadiyah 1 Genteng memberikan semangat dan motivasi kepada siswa baru dalam sambutan pembukaan MPLS.

Selain pemaparan materi pengenalan sekolah, Kegiatan MPLS akan ditutup dengan pentas seni (Pensi). Harpannya dengan pensi ini siswa-siswi SMK Muhammadiyah 1 Genteng dapat memanfaatkan sebagai ruang untuk berkspresi [TIM IT SMK Muhi].