Siswa SMK Muhammadiyah 1 Genteng mengikuti Workshop literasi digital via Zoom Meeting pada 27 Februari – 1 Maret 2022. Kegiatan tersebut masihlah rangkaian dari Program Ubah oleh MDMC PP Muhammadiyah yang bekerja sama dengan pemerintahan Australia. Sebanyak 25 peserta turut hadir dalam kegiatan tersebut.

 

Literasi digital sangatlah penting bagi siswa, terlebih bagi para remaja secara umum yang memang memiliki intensitas tinggi dalam menggunakan media sosial. Hal tersebut tentu menjadi potensi besar dalam menggunakan media sosial sebagai sarana melakukan kampanye. Inilah yang ingin dilakukan dalam kegiatan kali ini, yaitu melakukan komunikasi risiko Covid-19.

 

Komunikasi risiko Covid-19 dapat lebih efektif dikomunikasikan, yaitu dengan tampilan yang menarik dan jangkauan audiens yang lebih luas. Salah satu materi yang disampaikan misalnya mentukan tujuan kampanye itu, mengenali audiens, menentukan konsep, detailkan mekanisme serta menentukan hadiah (reward). Adapun harapan setelahnya yaitu siswa yang ikut literasi digital dan strategi kampanye komunikasi risiko ini dapat menjadi agen perubahan, sehingga makin banyak peserta didik yang makin paham dengan ini [TIM IT SMK Muhammadiyah 1 Genteng].