Guru SMK Muhammadiyah 1 Genteng mengikuti webinar bertajuk Pelatihan Pengelolaan Media Sosial untuk Komunikasi Risiko Pandemi Covid-19 pada Guru SMK Muhammadiyah 1 Genteng via Zoom (17-19/02/22). Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan program Ubah oleh MDMC PP Muhammadiyah yang berkerja sama dengan Pemerintah Australia selama tiga bulan mendatang.

Literasi digital menjadi isu yang menarik seiring dengan pesatnya penggunaan internet di Indonesia. Mengutip data internetworldstats, pengguna internet Indonesia mencapai 212,35 juta jiwa pada Maret 2021. Namun, alih-alih peluang yang positif, potensi ini justru sering terjebak ke dalam hal-hal yang bersifat distruktif seperti penyebaran hoaks. Hal tersebut kiranya latar belakang pentingnya literasi digital ini diberikan.

Padahal data tentang pengguna ini membuka peluang bagi kita bahwa terdapat potensi besar dalam melakukan kampanye komunikasi Risiko Pandemi Covid-19 melalui internet. Hal ini yang disampaikan pada materi pertama webinar tersebut, yaitu: Literasi Digital untuk Komunikasi Risiko Covid-19 di Sekolah yang disampaikan oleh Tim Rwe Bhinda (Konsultan Komukasi Digital).

Setelah literasi digital, materi selanjutnya mengarah pada materi yang lebih teknis dan aplikatif, yaitu: Pengelolaan Media Perpesanan Instan (WhatsApp) untuk Komunikasi Risiko Covid-19. Alasan penggunaan WA, karena 86% pengguna internet di Indonesia, atau sekitar 175 Juta, merupakan pengguna WA. Apalagi, aplikasi ini punya dua lingkaran, pertama Kenal (warm circle) dengan dampak ada “trus”; serta lingkaran akrab (high circle) dengan dampak adanya “high trust”.

Terakhir, pada hari ketiga, masih materi teknis dan aplikatif yaitu tentang “Mengoptimalkan Reels dan Tiktok untuk Kampanye Sosial”. Pada hari ketiga pemateri lebih mendalam pada aspek pendalaman video. Hal tersebut mengingat potensi video yang mencapai 98,5%. Berdasar pada angka tersebut, penggunaan video berpotensi akan menjangkau audiens yang lebih luas jika digunakan untuk melakukan kampanye komunikasi risiko Covid-19 [TIM IT SMK Muhi].