Muhi Jurnalistik, ekstra jurnalistik di SMK Muhammadiyah 1 Genteng, menggelar Diklat Dasar Muhi Jurnalistik pada 13 & 14 Agustus 2022. Kegiatan tersebut bertema Membangun Kembali Personalitas yang Kreatif. Melalui diklat tersebut diharapkan akan mencetak agen-agen literasi yang akan menghidupkan literasi di sekolah.

Peningkatan literasi di sekolah sangat penting, hal itu juga berbanding lurus dengan program pemeritah serta pentingnya mencetak SDM yang unggul. Hal ini yang dilakukan oleh Muhi Jurnalistik yang ingin membangun personalitas yang kreatif. Menjadi siswa SMK bukan berarti jauh dari literasi, sebaliknya lulusan SMK yang nantinya akan langsung kerja ini yang justru harus dibekali dengan wawasan literasi.

Diklat Muhi Jurnalistik sendiri dilakukan pada dua tempat. Diklat materi dilakukan di Komunitas Pinggir Sawah, Sempu. Peserta dibekali tentang dasar-dasar literasi, jurnalistik, fotografi dan videografi. Selain dari guru internal, diklat tersebut juga mengundang Pak Galih selaku founder Pinggir Sawah yang komunitas yang bergerak pada bidang literasi.

Kemudian pada hari berikutnya, diklat tersebut dilanjutkan dengan praktik lapangan. Adapun praktinya meliputi menulis straight news atau berita singkat, teknik editing, pengambilan fotografi serta pengambilan videografi [ICT Muhi].