Hisbul Wathan (HW) Qobilah SMK Muhammadiyah 1 Genteng Dewan Kerabat KH Hisyam mengadakan Diklat Tamu Penghela selama dua hari yaitu pada 31 Maret hingga 1 April 2022. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Majelis Pendidikan Kader (MPK), Aan cahyanto, M.Pd., selaku wakil Kepala SMK Muhammadiyah 1 Genteng, Pembina dan Pelatih HW SMK Muhammadiyah 1 Genteng, perwakilan dari IPM, TS, PMR , dan Pramuka, serta seluruh dewan kerabat HW secabang Genteng.

Adapun tema diklat kali ini “Mencetak Kader Hizbul Wathan yang Bertaqwa, Disiplin dan Bertanggung Jawab”. Siti Muawanah, S.Pd.I selaku Pembina dan Pelatih HW SMK Muhammadiyah 1 Genteng menyatakan bahwa Acara ini bertujuan untuk mencetak, mendidik, dan melatih kader-kader Hizbul Wathan SMK Muhammadiyah 1 Genteng sehingga bisa menjadi kader yang militan, senantiasa bertaqwa kepada Allah, disiplin, bertanggung jawab.

Untuk tujuan itu, maka Diklat Tamu Penghela tersebut meliputi materi-materi di antaranya: (1) Materi tentang Hizbul Wathan oleh Rakanda Muslimin Nasution (Hizbul Wathan Cabang Genteng), (2) Materi AD/ART HW oleh Ramanda Abdur Rohim (Ketua Kwarda Kab. Banyuwangi), (3) Materi Kepemimpinan oleh Bpk Abdul Latif M.Pd.I (Ketua MPK cabang Genteng), (4) Materi Kemuhammadiyahan oleh Ramanda Moh. Saifulloh S.Kom serta (5) Muhasabah oleh Ramanda Nur Hidayat.

Diklat Tamu Penghela ini dilakukan dengan menginap di sekolah, yaitu dengan sholat berjamaah di Masjid An-Namiroh SMK Muhammadiyah 1 Genteng serta makan bersama. Melalui proses ini diharapkan nantinya dapat membentuk kader yang militan, bertaqwa, disiplin dan bertanggung jawab sebagaimana disampaikan oleh Bu Muawanah sapaan akrab beliau.

Kegiatan tersebut ditutup dengan pengukuhan anggota Hizbul Wathan Qobilah SMK Muhammadiyah 1 Genteng Dewan Kerabat KH Hisyam yang dipandu oleh Ramanda Abdur Rohim selaku Ketua Kwarda HW Kab. Banyuwangi [TIM IT SMK Muhi].