SMK Muhammadiyah 1 Genteng kembali menggelar Baitul Arqam pada Ramadan 1443 H/2022 M dengan tema “Menjadi Kader Qurani yang Kreatif dan Berkemajuan”. Kegiatan tersebut berlangsung selama empat hari, yaitu mulai 6-9 Maret 2022. Tidak kurang dari 360 peserta yang terdiri dari seluruh Kelas X serta sebagian Kelas XI yang tidak lulus tahun sebelumnya mengikuti.
Baitul Arqam sendiri merupakan kegiatan rutinan yang diselenggarakan oleh dewan Guru al-Islam, Kemuhammadiyahan & Bahasa Arab (ISMUBA) SMK Muhammadiyah 1 Genteng. Adapun pelaksana kegiatan juga bekerjasama dengan IPM, Hisbul Wathan serta Takmir Masjid An-Namiroh. Sebagaimana tema, kegiatan ini bertujuan untuk menjadikan peserta didik SMK Muhammadiyah 1 Genteng sebagai kader-kader yang militan dalam ber-Islam dan ber-Muhammadiyah.
Pada hari pertama setelah pembukaan peserta mengikuti materi tentang Remaja Islami Berkarakter Al-Quran & As-Sunnah. Kemudian pada hari kedua, Mengenal Muhammadiyah dari Sudut-Sudut Kecil. Kemudian pada hari berikutnya, Kenapa Harus Menjadi Kader Muhammadiyah? Kemudian dilanjutkan dengan materi Berislam yang Kreatif dengan Menulis Cerita Islami (Ceris) sebagai penutup Baitul Arqam.
Selain materi-materi tersebut, peserta Baitul Arqam juga didik untuk mendalami al-Quran. Terdapat tiga kaategoti kelas: (1) Kelas Qiraat bagi peserta yang sudah mahir membaca al-Quran yakni terdapat dua kelas; (2) Kelas Tahfidz bagi peserta yang punya hapalan al-Quran yakni sebanyak 1 kelas; serta (3) Kelas Tashihul al-Quran bagi peserta yang sudah lancar atau tidak lancar dalam membaca al-Quran.
Peserta Baitul Arqam juga didik untuk disiplin dalam menjalankan sholat, yakni sholat Dhuha & sholat dzuhur berjamaah. Mereka juga dilatih untuk menyampaikan kultum di depan umum, serta membayar Zakat Fitrah sebagai pembelajaran menjalankan Rukun Islam kyang ke-4. Dari semua rangkaian itu diharapkan peserta Baitul Arqam tahun ini dapat menjadi kader Qurani yang Kreatif dan berkemajuan [TIM IT SMK Muhi].