100 siswa SMK Muhammadiyah 1 Genteng ikut serta dalam Banyuwangi Festival (B-Fest) Kaliku Bersih Tahun 2022 pada Jumat (18/02/2022). Tidak hanya itu saja, SMK Muhammadiyah 1 Genteng juga diamanahi untuk memberikan jamuan sarapan selepas kegiatan tersebut.

 

B-Fest Kaliku Bersih diadakan secara serentak oleh masing-masing kecamatan di Banyuwangi. Untuk Kecamatan Genteng sendiri terletak di Desa Genteng Kulon. Satriyo selaku Camat Kecamatan Genteng menjelaskan bahwa bentuk kegiatan ini meliputi bersih-bersih sungai. Selain itu, juga dilakukan penanaman pohon Mahoni dan Jati sebanyak 500 bibit, serta penanaman benik ikan nila dan tombro sebanyak 500 benih. 

 

Pak Satriyo, yang juga alumni SMK Muhammadiyah 1 Genteng, menjelaskan bahwa di samping B-Fest, kegiatan ini juga sebagai ajang silaturahmi dan bersinergi dengan berbagai pihak, salah satunya SMK Muhammadiyah 1 Genteng, “Dibantu anak-anak pelajar, ini dari SMK Muhi” ucapnya.

 

Taslim, S.Ag., M.Pd selaku Kepala SMK Muhammadiyah 1 Genteng merespon undangan tersebut setelah mendapat surat bernomor 005/76/429.518/2022. Berdasar surat tersebut, SMK Muhammadiyah 1 Genteng mengerahkan 100 siswa untuk mengikuti B-Fest Kaliku Bersih serta menyiapkan jamuan sarapan selepas kegiatan ini. 

 

Lanjut lagi, undangan tersebut merupakan kehormatan bagi SMK Muhammadiyah 1 Genteng karena dipercaya dari sekian sekolah lainnya. Terlebih lagi, dengan kegiatan B-Fest Kaliku bersih ini siswa dapat melakukan pembelajaran langsung yang tidak ada di bangku sekolah, seperti melakukan hidup bersih. “Saya merasa senang bahwasannya siswa dapat turut andil dalam kegiatan ini, sebagai upaya pembelajaran untuk melakukan hidup bersih” ucapnya.

 

Sekitar Pukul 10.00 WIB Pak Satriyo beserta jajarannya tampak berdatangan ke sekolah. Beberapa dari mereka langsung menyantap pecel yang sudah disediakan; beberapa yang lain, memilih makan polo pendem seperti kacang tanah, sabrang, dan juga ada pisang; sementara Pak Satriyo sendiri disiapkan dipersilahkan di ruang yang berbeda [TIM IT SMK Muhi].