Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) SMK Muhammadiyah 1 Genteng mendapatkan bantuan Routerboard sejumlah 20 unit dari Mikrotik Latvia (2/04/2022). Bantuan tersebut merupakan tindak lanjut dari MoU dengan MikroTik Latvia. Secara simbolis pemberian itu diwakili oleh Danang Bagus Wiyanto dari Axcelbit kepada Dinda Nurmawati, S.Kom selaku K3 Kompetensi Keahlian TKJ.

Menurut Bu Dinda, sapaan akrab K3 TKJ tersebut, bantuan tersebut diberikan sebagai lanjutan dari kerja sama Belajar Mikrotik yaitu dengan membuka MikroTik Academy di SMK Muhammadiyah 1 Genteng. Rencananya, Mikrotik Academy tersendiri akan di-launching pada tanggal 22-23 April mendatang. Adapun saat pembukaan Mikrotik Academy nanti siswa kelas XII TKJ yang akan menjadi pesertanya.

Di samping itu, pembukaan Mikrotik Academy di SMK Muhammadiyah 1 Genteng punya keuntungan tersendiri. Pertama, sekolah dapat melaksanakan ujian sertifikasi MikroTik. Keuntungan bagi siswa akan mendapatkan sertifikat bertaraf internasional dari MikroTik jika telah dinyatakan lulus ujian. Kedua, sekolah mendapat bantuan 20 unit Routerboard sebagai media pembelajaran. Untuk keuntungan kedua sudah terealisasikan pada Sabtu kemarin. Ketiga, nama sekolah akan terdaftar pada website resmi MikroTik sebagai MikroTik Academy.

Terakhir dengan bantuan Routerboard dari MikroTik Latvia serta pendirian MikroTik Academy ini diharapkan akan menunjang fasilitas pembelajaran TKJ SMK Muhammadiyah 1 Genteng. Hal itu juga diharapkan akan membuat lulusan-lulusan TKJ yang kompeten sesuai dengan kebutuhan industri [TIM IT SMK Muhi].