Lulus di Tahun Pandemi dengan Penuh Prestasi

Selasa (25/05/2021) lalu SMK Muhammadiyah 1 (Muhi) Genteng meluluskan siswa-siswi terbaiknya. Kegiatan ini dilaksanakan secara terbatas di aula SMK Muhi, mengingat pandemi yang masih terus berlanjut. Tak luput pula protokol kesehatan masih tetap diterapkan selama kegiatan ini berlangsung, yang mana melibatkan Satgas Covid-19 sekolah.

Dari kegiatan bertemakan “Membangun Karakter Generasi Bangsa Berkemajuan di Era Pandemi”, 335 siswa dinyatakan lulus dan mengikuti acara tersebut. Kegiatan ini sendiri dibagi menjadi dua sesi. Kemudian dalam penyematan gordon secara simbolis, hanya berisikan tak lebih dari 40 peserta.

Untuk sesi pertama diadakan pada hari Selasa yang diikuti tiga jurusan yaitu Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP), Multimedia (MM) serta Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), kemudian dilanjutkan sesi kedua diadakan pada hari berikutnya, yaitu Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP), Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL) serta Perhotelan (PH).

Terdapat banyak prestasi yang ditorehkan oleh angkatan kelas XII tahun ini. Umi Handariyatul Maqfiroh misalnya, salah satu lulusan XII AKL 1, yang pernah menyabet Juara 3 Lomba Kompetensi Perpajakan 2021 di UNTAG Banyuwangi. Baginya SMK Muhi telah memberikan banyak sekali pelajaran, terutama baginya yang ada awalnya belum mengenal jurusan AKL. Tekat yang kuat, serta keinginannya untuk membanggakan kedua orang tuanya menjadikan motivasi untuk terus mengukir prestasi. “Saya dapat banyak ilmu dari bimbingan, sampai bisa ikut lomba” ucapnya.

Selain Umi, ada siswa lain juga menorehkan prestasi pada tahun ini. Seperti Rhendika Monesa & Advendi Galeh Lenan Juara 2 Lomba Kompetensi Perpajakan 2021 di UNTAG Banyuwangi, Puti Sekara Wangi Lomba Hotel Receptionist LKS Kabupaten Banyuwangi & Juara 2 LKS Wilker 2 Bid. Lom. Hotel Reception serta terakhir Putri Ela Sukmawati yang memperoleh Juara 2 dalam lomba Pidato Bahasa Arab di ME Award 2019.

Selain prestasi, serapan tahun ini juga cukup banyak. Aan Cahyanto selaku Waka Kesiswaan SMK Muhi Genteng menyatakan banyak keunggulan dari lulusan tahun ini. Lulusan tahun ini terfokuskan untuk jurusan PH dan MM, sudah banyak lulusan dari kedua jurusan ini yang sudah bekerja setelah mereka lulus. “Tahun ini insyaAllah ada pada lulusan Perhotelan dan Multimedia” tuturnya.

Dari lulusan tahun ini dapat kita pelajari bahwa tidak ada halangan untuk tetap mengukir prestasi. Selain itu pula, dengan adanya program-program pembelajaran yang baik menjadikan siswa-siswi alumni juga siap terjun ke dunia industri, sesuai dengan kemampuan dan keahlian yang dimiliki[]

Tulisan ini pertama kali diterbitkan di Muhinews oleh Muhi Jurnalistik yang ditulis oleh Prasiska Leony A.

Unduh berita di sini: https://drive.google.com/file/d/1E-YzKnwbeWXQ7bYAqdpZH-40OxoUGzuO/view?usp=sharing