SMK MUHI SABET JUARA 2 & 3 LOMBA PERPAJAKAN

SMK MUHI SABET JUARA 2 & 3 LOMBA PERPAJAKAN

Meraih juara bukanlah hal yang mudah, namun dengan kita mau belajar dan berusaha kita bisa meraihnya. Serupa itulah empat siswa SMK Muhammadiyah 1 (Muhi) Genteng  yang berhasil menyabet dua juara sekaligus untuk lomba perpajakan. Pada tanggal (9/2/2020) lalu di Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Banyuwangi.

                Rhendika Monesa dan Advendi Galih Lenan siswa kelas XII Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL) SMK Muhi Genteng berhasil meraih juara 2 Lomba Perpajakan. Beberapa persiapan telah mereka lakukan sebelum lomba tersebut dilaksanakan. Dari latihan mencoba mengerjakan soal latihan, sampai berlatih dengan mengikuti Akunting Club yang ada di SMK Muhi.

                Menanggapi hal ini, Galih merasa sangat bersyukur dengan pencapaiannya tersebut. Hal itu berkat usaha yang sungguh-sungguh dalam belajar. Terlebih walaupun dalam waktu yang singkat, ia dapat memperoleh hasil itu, “alhamdulillah selama perlombaan berjalan secara lancar, meskipun deadline-nya lumayan singkat” ujar Galih.

                Kelompok lain, Umi Handariyatul Maqfiroh dan Khoironatun Nisa yang juga siswi kelas XII AKL SMK Muhi juga berhasil menyabet  juara 3 dalam kategori lomba yang sama. Tak jauh beda dengan pasangan sebelumnya, mereka juga melakukan beberapa persiapan, seperti bimbingan selama 4 kali dalam seminggu, memahami materi dalam mempersiapkan perlombaan, tak lupa juga berdoa agar diberikan kelancaran dalam mengerjakan soal-soal yang diujikan.

                Kendati pun berhasil memperoleh juara 3, namun keduanya sampat mendapat kesulitan seperti, materi yang diujikan tidak sesuai dengan modul, sampai materi yang diujikan baru dibagikan sehari sebelum perlombaan. “Soal yang diperlombakan tidak sesuai dengan yang di modul, jadi belajar benar-benar cepat dalam waktu semalaman saja,” ujar Umi.

                Suci Fitria selaku guru AKL SMK Muhi Genteng yang juga sebagai pembimbing kedua kelompok tersebut juga menanggapi hal ini. Ia sangat senang dan bangga atas prestasi siswa-siswi AKL, yang mampu meraih dua juara sekaligus. Ia juga berpesan, agar yakin terhadap kemampuan diri sendiri, serta berusaha semaksimal mungkin dan tak lupa berdoa. “Kalau pun berhasil jangan puas hanya dengan satu keberhasilan, karena kita tidak tahu keberhasilan mana yang baik untuk kita.” tutur Bu Suci sapaan akrab beliau.

                Terkait hal ini, Galih dan Umi berharap untuk seluruh siswa siswi SMK MUHI agar tetap semangat belajar, dan jangan hanya fokus belajar di kelas karena di luar kelas juga banyak sekali pengalaman yang dapat diambil, “terutama untuk adik-adik jurusan Akuntansi, ayo semangat karena dari tahun ke tahun Akuntansi eksis membawa nama sekolah dalam setiap kompetisi dan berakhir menjadi juara. Yakinlah dengan kemampuan dirimu sendiri bahwa kamu bisa dan selalu sertakan Allah dalam setiap langkahmu” pesannya memberi motivasi[]

Reporter              : Dhea Tania

Editor                    : Prasiska Leony A.

Tulisan ini pertamakali diterbitkan di Koran Tempel “Muhinews” oleh Muhi Jurnalistik pada 22 Februari 2021. Untuk informasi lebih lanjut tentan koran tempel tersebut, silahkan berkunjung di kanal IG: muhi.baen.