Raih Medali Silver Pidato Bahasa Arab

Raih Medali Silver Pidato Bahasa Arab

Putri Ela Sukmawati siswi kelas XII Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL) 1 SMK Muhammadiyah 1 Genteng meraih medali silver pada event Muhammadiyah Education (ME) Awards 2020. Ia meraih medali tersebut dalam kategori lomba Pidato Bahasa Arab tingkat SMK se-Jawa Timur.

Kegiatan ME-Awards merupakan agenda rutin tahunan yang dilaksanakan oleh majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen), Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur. Event ini diharapkan dapat menjadi apresiasi dan motivasi atas prestasi dan karya siswa/i sekolah Muhammadiyah yang melibatkan potensi seluruh sekolah Muhammadiyah di Jawa Timur.

ME-Awards 2020 menjadi event yang berbeda dari event MEAward sebelumnya. Hal tersebut dikarenakan pelaksanaannya dilakukan secara virtual yang membuat event ini menjadi special edition. Kegiatan ini didesain sebagai ajang berkompetisi secara jujur dan bermartabat untuk menjadi yang terbaik.

Pada tahun ini ME-Awards 2020 dilaksanakan pada 16-20 Desember 2020. Adapun ada 8 kegiatan yang dilombakan, di antaranya: Tahidz Qur’an, Pidato Bahasa Arab, Pidato Bahasa Inggris, Story Telling, Sekolah Berprestasi, Guru Berprestasi, Tenaga Pendidikan (Tendik) Berprestasi, dan juga perlomban Podcast yang memang akhir-akhir ini populer di Youtube.

Putri, sapaan akrab Putri Ela, tidak menyangka dapat meraih medali silver dalam ajang tersebut. “… tidak menyangka bisa mendapatkan juara 2 di lomba ME-Awards 2020, kategori Pidato Bahasa Arab tingkat SMK se-Jawa Timur” tulisnya dalam wawancara via WhatsApp.

Menanggapi perolehan itu, Aan Cahyanto, selaku Waka. Kesiswaan menyatakan harapannya agar pandemi cepat berakhir sehingga siswa dapat mengikuti lomba lebih banyak lagi, “kebetulan tahun ini dalam kondisi pandemi, intensitas tatap muka dengan siswa sedikit sehingga untuk penyiapan lomba sedikit mengalami kendala. Jadi pihak sekolah hanya mengikuti satu kategori lomba yaitu Pidato Bahasa Arab, harapannya pandemi cepat berakhir dan siswa dapat mengikuti lomba lebih banyak lagi.”

Terakhir Putri berpesan kepada adik-adik kelasnya agar berusaha keras untuk mendapatkan prestasi dan dapat mengharumkan nama sekolah, “adik-adik kelas penerus SMK Muhammadiyah 1 Genteng agar dapat mengikuti lomba-lomba yang ada, termasuk ME-Awards, dan dapat mengharumkan nama sekolah. Jika bukan kalian lantas siapa?” ucapnya

Reporter          : Al Amien Putra A.

Editor              : Prasiska Leony A.