PKL di SMK Muhi Genteng

PKL di SMK Muhi Genteng

Praktek Kerja Lapangan (PKL) SMK Muhammadiyah 1 (Muhi) Genteng tahun ini tengah berlangsung sejak Senin 4 Januari 2021 lalu. Kegiatan ini wajib diikuti oleh seluruh siswa kelas XI semua jurusan yang ditempatkan baik di Instansi, Dunia Usaha (DU) maupun Dunia Industri (DI) yang bermitra dengan sekolah.

Kegiatan PKL sendiri bertujuan untuk melatih keterampilan siswa-siswa yang nantinya akan berguna di dunia kerja. Kegiatan PKL sendiri berlangsung selama kurun waktu 4 dan 6 bulan. Berlangsung selama 4 bulan bagi jurusan Bisnis dan Manajemen (Bismen) seperti Akutansi dan Keuangan Lembaga(AKL), Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran(OTKP), Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP) serta Jurusan Teknik Informatika seperti Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), dan Multimedia (MM). Sementara berlangsung 6 bulan untuk jurusan Perhotelan (PH).

Sebelum mengikuti PKL siswa kelas XI mendapatkan pembekalan terlebih dari sekolah. Pembekalan tersebut berupa pengetahuan dasar, seputar DU atau DI yang akan digeluti siswa sesuai jurusan masing-masing. Dengan pembekalan kemudian pembimbingan dari guru peserta PKL diharapkan dapat beradaptasi dalam pelaksanaannya.

Tidak ada persyaratan khusus untuk melaksanakan kegiatan PKL. Kendati PKL di tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, hal itu dikarenakan pelaksanaan PKL pada masa pandemi yang membuat banyak instansi tidak dapat menerima siswa magang. Selain itu, ada pula beberapa instansi yang meminta persyaratan yang lain, seperti meminta hasil rapid test sebagai syarat melaksanakan PKL.

Kendati demikian PKL berjalan dengan baik, misalnya dengan mengikuti jam kerja sesuai instansi. Prasiska Leony salah satu siswi kelas XI OTKP 2 yang juga merupakan peserta PKL tahun ini mengikuti pemberlakuan kebijakan masuk kerja di instansi tempatnya magang. Ia mendapat tempat magang di Kecamatan Genteng, “kalau jam kerjanya sesuai apa kata instansi, dan dibagi dua shift” ujarnya via WhatsApp.

Hal serupa juga dikatakan oleh Rini Hidayanti selaku siswi kelas XI MM 2 mengenai jam kerja. Jam masuk kerja disesuaikan dengan pekerja lainnya, tidak ada perbedaan walaupun sebagai anggota magang, “jam kerjanya kalau ditempat magang, dibagi dua shift” tulisnya dalam wawancara via WhatsApp.

Terkait hal tersebut Wuri Handayani selaku Kepala Program (Kaprog) OTKP menyampaikan agar siswa SMK Muhi Genteng yang sedang melaksanakan kegiatan PKL di tahun ini secara maksimal dan memperoleh hal baru. Bu Wuri saapan akrabnya, menuturkan harapan agar seluruh siswa dapat mengimplementasikan pengetahuan yang mereka dapat saat di sekolah, “semoga mereka bisa mengimplementasikan, dan memperoleh hal baru di dunia industri” tutur beliau[]

Reporter          : Rizky Amalia N.

Editor              : Prasiska Leony